Kampung Buyud Udik Adakan Pawai Guna Cegah Covid-19

LAMPUNG TENGAH – Kampung Buyut Udik, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah adalah salah satu kampung percontohan Langkah Nyata Pemerintah kampung & pemuda Buyut Udik untuk memutus mata rantai virus Corona (Covid-19). Jumat (03/04/2020).

Pemerintah kampung dan ketua pemuda bersama pemuda kampung Buyut Udik mengadakan keliling (Pawai) sosial dengan berkendara mobil dan motor berkeliling di kampung Buyut Udik dari Dusun I sampai ke Dusun VI kampung buyut udik, dengan adanya Pawai tersebut pemerintah kampung dan ketua pemuda Wahyu Ismail menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa masyarakat kampung buyut udik harus waspada dengan adanya penyebaran virus Corona.

‘’Kalau ada sanak saudara kita yang baru saja pulang dari tanah kelahirnya atau pun baru saja melewati kota Jakarta, Bandung, Jawa Barat, Jawa timur Dll, agar segera melaporkan kepada Pihak Aparat Kampung semacam KEPALA KAMPUNG, KADUS, RT, LINMAS Dll,’’ Ujarnya.

Semantara itu lanjut Wahyu Ismail mengatakan, setelah melapor aparat kampung lebih mudah untuk melakukan tindakan laporan kepada pihak Dinas kesehatan dan UPTD Puskesmas Gunung Sugih kabupaten Lampung Tengah dan Bidan Desa kampung Buyut Udik.

Dalam pencegahan virus Corona (Covid-19) ketua penggerak PKK kampung Buyut Udik kecangah Gunung Sugih ibu MEGAWATI menyampaikan dan menghimbaukan kepada seluruh masyarakat kampung Buyut Udik agar menghindari kerumunan dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan membilas dengan air mengalir.

‘’Adanya Covid-19 ini saya harap masyarakat kampung Buyut Udik agar bisa menghindari adanya semacam hiburan, kumpul bersama dan menongkong di salah satu tempat semacam di posko dll,’’ Ujarnya.

Lebih lanjut, Megawati dan masyarakat kampung Buyut Udik sangat berharap kepada pemerintah daerah Bapak Bupati loekman Djoyosoemarto untuk memberikan instruksi kepada dinas terkait penanggulangan virus Corona dan untuk memberikan penyemprotan desinfektan dan memberikan bantuan semacam masker dan hand sanitezer kepada kampung Buyut Udik.

“kami sangat membutuhkan bantuan tersebut karena untuk menghindari virus Covid-19  sedangkan kami mencari master di berbagai toko seperti Alfamart dan minimarket sudah susah mendapatkan masker dan hand sanitezer tersebut,” Ujarnya.

Sudah beberapa langkah yang dilakukan pemerintah kampung Buyut Udik dengan satuan petugas gugus depan menanggulangi Covid-19, adapun langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Melakukan penyemprotan desinfektan di berbagai tempatIbadah dan Tempat-tempat umum.
  2. Menghimbau kepada masyarakat akan berbahayanya virus Corona.
  3. Menghentikan/mengurangi perkumpulan banyak orang.
  4. Pemasangan banner himbauwan untuk masyarakat perantau agar dapat lapor.

‘’kami masyarakat khususnya pemuda kampung Buyut Udik sangat bangga dan antusias kepada pemerintah kampung Buyut Udik dan aparatur kampung yang telah memberikan dan menggerakkan himbauan untuk semua kalangan masyarakat kampung Buyut Udik dalam penyampaian ke masyarakat tersebut dengan Menggunakan 3 bahasa daerah dan berbagai ragam suku LAMPUNG, SUDA, JAWA, yang berada di kampung Buyut Udik,’’ Harapnya. (Awan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *